Kebutuhan TI dalam Aktivitas Koperasi

Perkembangan teknologi informasi di Indonesia menunjukkan peningkatan yang pesat. Hal ini ditandai dengan adanya proses komputerisasi di berbagai bidang. Seperti halnya yang terjadi dalam perusahaan.

Koperasi ABC merupakan lembaga keuangan swasta yang bergerak dalam bidang simpan pinjam. Kegiatanya tidak terlepas dari transaksi simpan pinjam yang dilakukan oleh nasabah. Maka diperlukan suatu sistem informasi yang dapat membuat proses transaksi simpan pinjam yang dilakukan oleh nasabah lebih mudah.

Penggunaan sistem informasi di bidang keuangan atau akutansi sudah banyak, namun tidak sedikit juga yang belum memanfaatkan proses komputerisasi untuk mempermudah pekerjaan dalam bidang simpan pinjam khususnya. Masih banyak yang masih mengetik satu per satu transaksi simpan pinjam yang dilakukan dengan nasabah, sehingga transaksi simpan pinjam menjadi membutuhkan waktu relatif lama, dan akan menimbulkan beberapa masalah.

Masalah yang timbul adalah terjadi human error, misalnya terjadi kesalahan dalam pencatatan atau penulisan transaksi simpan pinjam. Pencatatan kegiatan transaksi simpan pinjam dalam koperasi ABC dilakukan dengan menulis satu per satu dalam buku. Proses pembuatan laporan juga masih dilakukan dengan mengetik menggunakan Microsoft Word atau Microsoft Excel.

Perangkat lunak data simpan pinjam dibangun untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di koperasi ABC dan membantu kinerja dalam proses transaksi simpan pinjam dalam koperasi ABC, agar proses transaksi simpan pinjam menjadi lebih mudah dan lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *